Monday 19 December 2016

Berselancar di Pantai Lenggoksono Malang

Peselancar lokal Joni hendak berselancar di pantai Lenggoksono, Malang, Kamis (12/5/2016).

Pantai Lenggoksono, pantai selatan yang berada di Dusun Lenggoksono, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kawasan wisata pantai Bowele (Bolu-bolu Wedi awu Lenggoksono) ini dikenal sebagai tempat olahraga surfing atau selancar.  Berbagai event surfing skala lokal hingga nasional pernah digelar di pantai ini.

Pagi itu cuaca nampak bersahabat, tak menyisakan awan mendung di langit pantai Lenggoksono. Sementara itu di warung tepi pantai saya menikmati secangkir kopi ditemani peselancar lokal, Adilan Joni Wahab namanya, atau yang akrab disapa Joni. Diiringi obrolan kecil seputar dunia surfing kami menghabiskan pagi dengan akrab.

Mengarahkan pandang ke selatan, terhampar lautan disertai angin yang membentuk gulungan ombak. Seperti momen ditungu tunggu, wajah Joni pun nampak sumringah melihat gulungan ombak yang meninggi.

"Ombaknya lagi bagus mas," anggapnya (12/5/2016), kemudian bergegas pergi ke kiosnya yang tak jauh dari warung untuk mengambil papan selancar. Kios milik Joni ini menjual makanan dan minuman serta menyewakan peralatan selancar.


Melihatnya berjalan menuju laut dengan membawa sebilah papan selancar, saya pun bergegas mengambil kamera DSLR, dengan memakai lensa panjang 70-200 mm saya mengabadikannya dari tepi pantai.

Dia menari-nari di tengah laut. Ombak setiggi 1 hingga 2 meter tak membuatnya menciut, justru disambut dengan senang. Ombak di pantai ini bertipe bridge break dan point break. Joni mengatakan pantai Lenggoksono sangat cocok bagi peselancar pemula. Selain karena ombaknya tidak terlalu tinggi juga dasar lautnya berupa pasir.


Joni sedang berselancar di pantai Lenggoksono, Malang, Kamis (25/5/2016).

Berselang waktu yang tak lama, menyusul sejumlah peselancar lainnya dari Lenggoksono. Melihat temannya turut berselancar Joni pun kian semangat memainkan papan selancarnya. Mereka bergantian menyambut ombak.

Tidak hanya dari Lenggoksono saja, peselancar dari daerah lain juga datang ke pantai ini, diantaranya peselancar dari Bali, Surabaya dan Pacitan. Bahkan didatangi oleh peselancar dari negara lain, seperti Jerman, Belanda dan Norwegia.

Pantai Lenggoksono berada di pesisir Malang Selatan. Berjarak sekitar 69 Km dari Kota Malang, jika ditempuh dengan kendaraan bermotor sekitar kurang lebih 3 jam. Akses menuju pantai sangatlah baik, namun ada sebagian jalanan yang cukup terjal. Sedangkan untuk tarif tiket masuknya sangat murah, hanya Rp 5 ribu per orang. Di tepi pantai juga ada deretan warung makan, dan beberapa kios yang menyewakan peralatan surfing dan snorkeling. (Tripnesian



Artikel Terkait