Wednesday 21 December 2016

Pesona Pantai Banyu Anjlok di Malang

Pengunjung berenang di air terjun, Pantai Banyu Anjlok, Malang, Rabu (11/5/2016)

Berbicara tentang keindahan alam di Kabupaten Malang rasanya tidak ada habisnya. Khususnya wisata baharinya yang tersaji indah dari tepi batas timur hingga barat.

Salah satunya pantai Banyu Anjlok yang berada di Dusun Lenggoksono, Kecamatan Tirtoyudo. Sesuai namanya, pantai ini memiliki banyu anjlok atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah air terjun.

Adanya air terjun itu membuat pantai ini berbeda dari pantai lainnya. Bisa dibilang satu-satunya yang dimiliki Kabupaten Malang.

Air tawar yang mengalir dari air terjun berasal dari perbukitan Lenggoksono, tak hayal jika airnya terasa segar. Panorama pantainya pun cukup elok dipandang. 


Di atas air terjun terdapat ceruk serupa kolam, biasanya digunakan pengunjung untuk berenang sembari menikmati lanskap pantai dari atas. Namun berhati-hatilah, karena kolam ini sangat dalam, dan jika musim hujan airnya mengalir deras.

Dua sensasi yang berbeda itulah yang menjadi daya tarik wisatawan, mulai dari domestik hingga asing. Apalagi jika musim liburan sangat ramai pengunjung.

Pantai Banyu Anjlok, Malang, Rabu (11/5/2016).

Pantai Banyu Anjlok berjarak 69 Km dari Kota Malang, jika ditempuh dengan kendaraan bermotor sekitar kurang lebih 2,5 jam. Kondisi jalan dari Kota Malang ke Dusun Longgoksono sangat baik, hanya saja jalanan dari Lenggoksono ke lokasi pantai belum kondusif.

Ada dua jalur menuju Banyu Anjlok, yakni darat dan laut. Jalur darat hanya bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua atau tracking, melewati perbukitan berjarak sekitar 5 km dari Dusun Lenggoksono. Selama perjalanan kita akan menemui jalanan yang berliku dan terjal. Jika berpapasan dengan kendaraan lain dari lawan arah kita harus berhenti sejenak untuk bergantian. 500 meter sebelum lokasi kita akan menjumpai parkiran, semua kendaraan harus berhenti di sini, dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Per unit dikenakan tarif parkir sebesar Rp 5 ribu.

Sedangkan untuk jalur laut menggunakan perahu milik nelayan di Pantai Lenggoksono. Memakan waktu sekitar setengah jam perjalanan ke Banyu Anjlok. Penyewa perahu mengenakan biaya sebesar Rp 50 ribu per orang. Tarif tersebut meliputi 3 destinasi pantai, yakni Banyu Anjlok, Bolu-bolu, Wedi Awu, dan Wedi Putih sebagai pilihannya.

Pantai Banyu Anjlok memang sangat layak untuk dikunjungi. Tapi lebih baiknya jika mengunjunginya saat air laut sedang surut, karena ombak di pantai ini sangat besar, selain itu kita bisa menikmatinya dengan aman. (Tripnesian)


Artikel Terkait