Saturday 3 December 2016

Pantai Wedi Putih, keindahan yang tersembunyi di Malang

Pantai Wedi Putih di Desa Purwodadi, Malang, Kamis (12/5/2016) Siang.

Purwodadi, salah satu desa pesisir Malang Selatan yang menyimpan keanekaragaman hayati. Tanahnya kaya akan hasil pertanian, juga termasuk daerah penghasil cengkeh terbesar di Jawa Timur. Tak terkecuali potensi wisatanya, mampu menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun asing.

Surya pagi baru saja beranjak diantara perbukitan Desa Purwodadi nan asri. Aroma udara sejuk menyelimuti jalanan berliku nan terjal telah mengantarkan saya ke sebuah pantai tepi Samudera Indonesia.

Jalanan menanjak di kawasan pesisir Malang Selatan itu mengantarkan saya ke Pantai Wedi Putih. Sebuah pantai yang baru saja ditemukan oleh warga setempat. Keindahannya bersembunyi diantara perbukitan Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

Pantai yang berada di kawasan wisata Bowele (Bolu-bolu Wedi awu Lenggoksono) ini secara resmi belum dibuka untuk umum. Jalanan yang belum memadai adalah salah satu alasanya. Namun pantai ini menjadi salah satu rute wisata Bowele.

Pelancong bisa mengunjunginya dengan menyewa perahu nelayan yang ada di Pantai Lenggoksono, dengan tarif Rp 50 ribu per orang. Perahu  nelayan itu akan mengantarkan kita ke tiga pantai tujuan, dengan pilihan Pantai Bolu-bolu, Wedi Awu, Banyu Anjlok dan Wedi Putih.


Pantai Wedi Putih jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Pantai Pasir Putih. Layaknya lukisan, pasir putihnya menjulur berujung dua bukit yang menyerupai mangkuk terbalik. Suasananya teduh dengan udara yang sejuk, sangatlah nikmat untuk tempat bersantai bila air laut sedang tidak pasang.

Ombaknya mengayun lembut, menyentuh ramah batu karang dan menyisakan buih-buih putih di pasir. Air lautnya membelah gugusan bukit, menyingkap harmoni alam Maharkarya Sang Agung.

Saat saya mengunjunginya tidak ada seorang pun di pantai. Hanya saya dengan satu orang pemandu dari warga setempat, dan sesekali ada nelayan pergi memancing. Serasa pantai privat, karena memang belum banyak wisatawan yang mengetahui.


Gugusan batu karang di Pantai Wedi Putih, Malang, Kamis (12/5/2016) Siang.

Kehidupan bawah lautnya pun sangat menawan, warna-warni ratusan terumbu karang hidup di pantai ini. Cocok sekali jika snorkeling di sini, tapi dengan kondisi air laut dalam keadaan surut. Sebab, pantai ini tergolong pantai selatan yang memiliki ombak yang ganas.

Jarak lokasi Pantai Wedi Putih dengan Kota Surabaya sekitar kurang lebih 164 kilometer, 4 jam perjalanan jika ditempuh dengan kendaraan bermotor dengan kecepatan normal. Sedangkan dari Kota Malang berjarak sekitar 69 kilometer. (Tripnesian)



Artikel Terkait