Sunday 20 November 2016

Strudel Malang, kue Eropa khas Kota Malang

Strudel Malang, begitu banyak orang menyebut makanan yang satu ini. Makanan sejenis kue ini menambah daftar menu oleh-oleh di kota dingin Malang.

Strudel adalah kue berlapis yang terbuat dari pastry dan berbagai macam buah. Kabarnya, strudel adalah makanan populer sejumlah Negara di Eropa. Menilik dari situs Malang Strudel, kue ini populer di Austria pada zaman Hasburg Empire (1278-1780).

Kue ini diperkirakan berasal dari bangsa Yunani dan Turki. Di Negara tersebut dikenal sebagai Backlava. Lambat laun semakin populer dan menjadi makanan favorit rakyat Jerman, Austria, dan Negara Eropa lainnya. Strudel favorit di sejumlah Negara itu adalah strudel yang berisi buah apel. Orang Jerman biasa menyebutnya “apfel strudel”.


Strudel ubi ungu. (Photo by Malang Strudel)

Sementara itu, di Kota Malang pertama kali dikenalkan oleh Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar. Pasutri artis papan atas itu mendirikan gerai strudel yang diberi nama Malang Strudel.

Mulanya, Teuku Wisnu dan Shireen berkunjung ke Eropa beberapa tahun silam. Di sana mereka menyukai kue strudel, dan membawanya pulang  ke Indonesia untuk oleh-oleh keluarga serta sejumlah temannya. 


Selang beberapa tahun, semenjak Teuku Wisnu sering berkunjung ke Malang, tercetus ide untuk membuat usaha strudel di Kota Malang. Waktu itu dia berpikir bahwa mungkin cocok kalau membuat strudel khas Malang, karena Malang terkenal sebagai penghasil apel yang berkualitas.  Hingga akhirnya, strudel khas Malang pun jadi melalui chef profesional, dibarengi dengan dibukanya gerai pertama Malang Strudel di di Jalan Ardimulyo, Singosari, Kabupaten Malang.

Ada beberapa varian rasa yang dibuat oleh Malang Strudel. Salah satunya adalah strudel berisi ubi ungu yang diberi nama Taro Strudel.  Terbuat dari potongan ubi ungu yang dicampur dengan adonan lembut dan dibalut dengan puff pastry yang gurih.

Ada juga strudel isi apel bernama Apple Strudel. Terbuat dari apel khas Malang dibalut dengan puff pastry serta dikombinasikan dengan palem sugar dan kismis.
Saat ini gerai Malang Strudel tidak hanya di Singosari saja. ada sejumlah gerai lainnya di Kota Malang, yakni di Jalan Soekarno Hatta, Jalan W.R. Supratman, Jalan Kawi, Jalan Diponegoro, dan di dalam bandara Abdurrahman Saleh
. (Tripnesian)


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment